Mesir berhasil Menangkap Anggota Jihadis

Al-Hayat memberitakan bahwa keamanan otoritas di Sinai telah berhasil menangkap lima orang yang memiliki senjata berat yang berencana unt...

Al-Hayat memberitakan bahwa keamanan otoritas di Sinai telah berhasil menangkap lima orang yang memiliki senjata berat yang berencana untuk melakukan serangan bersenjata pada resort wisata di Sinai Selatan (Sharm el-Sheikh dan Dahab). Juga, Polisi Mesir telah menangkap empat orang lain yang memiliki jumlah besar mesiu yang digunakan dalam pembuatan bahan peledak yang diduga terlibat dengan jaringan teroris di  Nasr City . 

Menurut sumber, peristiwa ini mendorong Badan Keamanan Nasional untuk membahas masalah jihadis, terutama mereka yang menolak pertanyaan yang dilakukan oleh para pemimpin Muslim pada 1990-an. Banyak nama ditempatkan pada daftar kecurigaan. Aparat keamanan juga beredar nama-nama pemimpin jihad yang melarikan diri dari penjara pada awal revolusi 2011 via pelabuhan laut dan bandar udara.

Sumber-sumber keamanan mengatakan kepada Al-Hayat bahwa sejumlah jihadis telah mengambil keuntungan dari kekosongan keamanan untuk menyusup ke Libya, sementara yang lain menuju ke Gaza. Sumber menambahkan bahwa beberapa jihadis berhasil kembali dan menetap di Sinai. Sumber lain mengatakan beberapa berusaha untuk kembali ke Mesir untuk membentuk kelompok-kelompok bersenjata bekerja sama dengan non-Mesir.

Pemerintah Mesir menangkap lima orang, termasuk seorang perwira mengundurkan diri dari tentara, atas tuduhan membentuk sebuah sel teroris, yang anggotanya terkait dengan serangan terhadap Amerika Serikat konsulat di Benghazi, menurut penyelidikan.

Pada hari Jumat [Oktober 26], menurut sumber-sumber militer, tentara Mesir dan polisi berhasil menangkap lima pelaku jihad sementara mereka berada di dalam sebuah tenda di kaki gunung dekat perbatasan dengan Gaza. Senjata otomatis dan granat roket juga ditemukan di tenda.

Menurut penyelidikan awal, para tahanan sedang merencanakan serangan teroris di Sinai Selatan selama hari-hari pertama Idul Adha. Harus dicatat bahwa 100 jihadis telah ditahan sejak awal Operasi Nisr, yang dimulai pada awal September di Sinai.

Dalam konteks yang sama, satu sumber keamanan senior mengatakan ada bukti baru dari sel-sel teroris yang tersebar di beberapa governorat Mesir. Sumber itu menambahkan bahwa dalam terang informasi baru, Kementerian Dalam Negeri akan menunda peluncuran sebuah pernyataan yang mengungkapkan keadaan kecelakaan dari "sel teroris di Kota Nasr."

Sumber itu mengingat penangkapan Bassam al-Sayed Ibrahim, seorang pelarian dari penjara Wadi Natrun, dan saudaranya Haitham, yang keduanya berafiliasi dengan organisasi jihad. Orang-orang itu ditangkap di Jalan Kafr Tanta.

Sebuah granat dan bahan peledak kabel yang digunakan dalam pembuatan bahan peledak juga ditemukan di dalam mobil di mana jihadis bepergian.
Selain itu, sumber tersebut menambahkan bahwa insiden ini terjadi secara kebetulan, meskipun memimpin Badan Keamanan Nasional untuk perlengkapan senjata rahasia. Granat, senapan otomatis, bahan peledak, dan anti-tank itu ditemukan di dalam sebuah gimnasium di distrik 10 (timur Kairo). 

Di dalam gimnasium juga seorang pria, bernama Karim Essam, yang meninggal setelah meledakkan bahan peledak, selama baku tembak dengan pasukan keamanan yang menyerbu tempat. Empat pembantu jihad almarhum ditangkap, termasuk seorang warga Tunisia.

Mengingat kejadian ini dan bukti yang bersangkutan, polisi berhasil melacak cache bahan peledak tinggi (TNT), yang diyakini terkait dengan sel-sel teroris di salah satu kabupaten di daerah al-Arab Burj, barat Alexandria.

Sumber keamanan tambahan kemarin [Oct.29] bahwa polisi menangkap empat orang, dari Al-Arish dan wilayah Ismailia, di Giza Governorate. Mereka ditemukan dalam kepemilikan bahan yang digunakan dalam pembuatan bahan peledak. Para tahanan mengaku bahwa mereka memperoleh bahan peledak dari pemilik peternakan dan berencana untuk mentransfer mereka ke Sinai.

Penyelidikan akan fokus pada seberapa dekat tahanan terkait dengan "sel teroris Kota Nasr."

Lain sumber keamanan menilai bahwa masih terlalu dini untuk menentukan jumlah sel jihad di gubernuran Mesir. Namun, sumber itu menegaskan bahwa penyelidikan mengungkapkan bahwa sel-sel ini bertujuan untuk menargetkan fasilitas penting di negeri ini, menekankan bahwa penyelidikan intensif sedang dilakukan untuk menentukan identitas dan nomor "ini adalah sel berkerumun organisasi, yang jumlahnya belum diidentifikasi." dari sel, sumber tersebut menambahkan.(Sumber)


Related

Lintas Berita 7212736681458916195

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item