Syaih Yusuf bin Ismail An-Nabhani

Beliau bernama lengkap Abul Mahasin Yusuf bin Ismail bin Yûsuf Ismâ’il bin Muhammad bin Nâsiruddin An-Nabhâni. Nabhan adalah nama suku A...

Beliau bernama lengkap Abul Mahasin Yusuf bin Ismail bin Yûsuf Ismâ’il bin Muhammad bin Nâsiruddin An-Nabhâni. Nabhan adalah nama suku Arab Badui yang bermukim di desa Ijzim – Haifa – Palestina Selatan. Beliau dilahirkan di desa tersebut pada hari kamis tahun 1265 H / 1849 M.

An-Nabhani muda belajar al-Quran pada ayahnya sendiri yang ketika itu sudah berumur 80 tahun. Beliau mengkhatamkan al-Quran di hadapan ayahnya sekali dalam tiga hari, dibarengi dengan berbagaimacam perbuatan taat dan menghabiskan waktu dengan ber-taqarrub. Semua itu menjadikan dampak positif bagi berkembangan beliau yang setiap harinya mengkon-sumsi nilai-nilai petunjuk dan taqwa di hadapan ayah beliau yang shalih.

Setelah mampu menghafalkan al-Quran dan berbagai macam matan kitab, saat berumur 17 tahun beliau dikirim ke Al-Azhar Mesir pada pertengahan Muharram 1282 H. Di sini beliau mendapat ilmu dari imam-imam besar dan ulama-ulama yang terpandang, seperti Syaikh Ibrahim As-Saqa As-Syafi’i, Syaikh Muhammad Ad-Damanhuri, Syaikh Ahmad Al-Ajhuri Ad-Dlarir, Syaikh Ahmad Radli As-Syarqawi, Syaikh Muhammad Al-Asmawi, Syaikh Abdurrahman As-Syarbini, Syaikh Syarif Al-Halabi, Syaikh Hasan Al-Adwi, Syaikh Muhammad Al-Basuni, Syaikh Yusuf Al-Barqawi dan masih banyak yang lain.

Setelah berkelana di Mesir dalam upaya memperdalam ilmu dan menyebarkannya, hingga beliau menjadi ulama terpandang, pada tahun 1289 H beliau pulang dan memusatkan kegiatannya di Aka. Pada tahun 1292 H beliau pergi ke Syam dan berkumpul dengan segolongan ulama seperti Mufti Syam Al-Imam Al-Muhaddits Sayid Mahmud Afandi Al-Hamzawi. An-Nabhani mendapat ijazah panjang dari beliau berupa semua riwayat-riwayat ilmiah yang telah beliau terima, setelah membacakan riwayat-riwayat tersebut di rumah beliau bersama sejumlah para pencari ilmu.

Setelah dirasa cukup berada di Syam, An-Nabhani berkelana ke timur, ke wilayah Mosul, Bagdad, hingga Hijaz. Pada tahun 1305 H, beliau diangkat sebagai qâdlî untuk wilayah Syam hingga menjadi kepala Pengadilan Tinggi di Beirut, Lebanon.

Menulis, adalah bagian dari kegiatan beliau di tengah padatnya aktifitas keumatan yang hampir menghabiskan seluruh waktu. Karya-karya tulis beliau lebih dari 60 karya tulis dalam berbagai bidang study. Karya-karya tulis itu tersebar di berbagai negara dan banyak dipelajari oleh para penuntut ilmu, terutama dalam bidang Sîrah wa Syamâ’il Nabawiyah yang menjadi perhatian paling tinggi dalam hidup beliau. Keikhlasan yang menjadi landasan utama dalam setiap perbuatan terutama dalam membuat karya tulis, menjadikan karya-karya tulis beliau tersebar cepat, hingga pada saat itu tidak ada karya tulis yang mampu menandingi kecepatan persebaran karya-karya tulis beliau. 

Diantara karya tulis beliau adalah: Jami’ Karamât al-Auliyâ’, Riyâdl al-Jannah Fî Azkâr al-Kitâb was Sunnah, Al-Majmû’ah fil Madâ’ih an-Nabawiyah, Wasa’il al-Wushûl Ilâ Syamâ’il Ar-Rasûl, Afdlal as-Shalawât ala Sayyid As-Sadât, Tahdzîb An-Nufûs, Hujjatullah ‘alal ‘Âlamin, al-Fath al-Kabîr, Al-Anwâr al-Muhammadiyyah, Al-Asâlib al-Badî’ah fî Fadl as-Sahabah wa Iqnâ’ as-Syî’ah, dan masih banyak yang lain.

Saat masa sepuh sudah tiba, beliau menyingsingkan lengan, memusatkan segala perhatian untuk beribadah kepada Allah, mengistiqamahkan zikir, membaca al-Quran dan memperbanyak shalawat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Siang dan malam beliau gunakan untuk melakukan kewajiban disertai tekun dalam melakukan perbuatan sunnah, tidak pernah terhenti, hingga karamah Allah diberikan kepada beliau.

Cahaya ibadah, pengagungan dan pengamalan sunnah Rasulullah tampak jelas di wajah beliau. Tidak henti-hentinya beliau berada dalam keadaan yang selalu diridlai hingga beliau dipanggil oleh Allah subhanahu wa ta’ala. An-Nabhani wafat di Beirut pada awal ramadlan tahun 1350 H ketika berusia 85 tahun dengan fisik yang masih sehat dan kuat. Semoga Allah memberikan pahala yang besar bagi beliau dan mempertemukan kita dengan beliau di atas kesempurnaan iman bebas dari fitnah yang menyesatkan, dengan keagungan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan anugerah dan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala. Amin

Diambil dari Biografi beliau pada kitab “Wasâ’il al-Wusûl fî syamâ’il al-Rasûl shallallahu alaihi wa alihi wa sallam”, yang diterbitkan oleh Dar al-Minhaj, Jedah, cetakan ke-2 tahun 1425 H.

Related

Biografi Shalihin 420907667451396618

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Facebook

TERBARU

Statistik Blog

item