Generasi Baru Al-Qaeda: Mesin Pembunuh Yang lebih Canggih

Serangan dramatis di Aljazair bulan ini pada fasilitas gas alam menggarisbawahi munculnya generasi baru al-Qaeda di seluruh dunia Arab, &...

Serangan dramatis di Aljazair bulan ini pada fasilitas gas alam menggarisbawahi munculnya generasi baru al-Qaeda di seluruh dunia Arab, "Al-Qaeda 3,0" atau gerakan generasi ketiga.

Meskipun Osama bin Laden telah tewas, Al-Qaeda telah memanfaatkan Gejolak Arab untuk membuat tempat perlindungan dan basis operasi yang besar pada lebih dari satu dekade di seluruh dunia Arab. Hal ini membuktikan bahwa Al-Qaeda belum mati. Ayman al-Zawahiri sebagai pemimpin Al-Qaeda masih bersembunyi di Pakistan dan memberikan arahan strategis untuk 'jihad' global.

Generasi pertama al-Qaeda adalah band asli di Afghanistan yang diciptakan oleh bin Laden pada tahun 1990-an. Yang kedua muncul setelah serangan 11 september di Pakistan, Irak dan kemudian di seluruh dunia Muslim. Sekarang, generasi ketiga dapat dilihat setelah pembunuhan bin Laden oleh pasukan khusus AS dan Kebangkitan Arab.

Pertumbuhan tercepat al-Qaeda baru berada di Suriah. Menggunakan nama Jabhat al-nusrah, al-Qaeda mungkin telah menjadi unsur paling mematikan dari oposisi terhadap kediktatoran Bashar al-Assad. Untuk al-Qaeda, Assad dan Syiah Alawi adalah target sempurna karena Sunni banyak yang percaya bahwa Syiah Alawi adalah sebuah sekte menyimpang dari Islam yang harus ditekan. Sementara al-Qaeda adalah hanya bagian dari oposisi di Suriah, membawa keterampilan yang unik dalam pembuatan bom dan operasi bunuh diri. Setiap minggu membawa tentara dan persenjataan yang lebih kuat.

Saat ini situs-situs jihadis setiap hari melaporkan bahwa martir al-Qaeda dari Arab Saudi, Palestina dan Mesir telah tewas dalam pertempuran di Damaskus dan Aleppo. Laporan terpercaya dari wartawan berbicara tentang band jihadis yang beroperasi di Suriah dengan afiliasi longgar dengan al-Qaeda dan terdiri dari Muslim fanatik dari jauh seperti Pakistan, Bangladesh dan tempat-tempat lain.

Jaringan al-Qaeda Suriah telah berusaha untuk belajar dari kesalahan-kesalahan al-Qaeda generasi sebelumnya. Ini menghindari hubungan terbuka dan berusaha untuk bekerja dengan kelompok Sunni lainnya. Mereka menggunakan pangkalan di Irak untuk dukungan dan pasokan, dan memanfaatkan senjata yang dipasok oleh Qatar dan Arab Saudi untuk oposisi. 

Semakin lama perang sipil di Suriah berlangsung, al-Qaeda akan semakin mendapatkan keuntungan dari kekacauan dan polarisasi sektarian. Mereka juga akan mendapatkan keuntungan dari menjalarnya kekacauan dari Suriah ke Lebanon, Turki, Irak dan Yordania yang kini tak terelakkan.

Seperti di seluruh dunia, al-Qaeda juga memberikan kejutan melalui revolusi yang menggulingkan diktator di Tunisia, Mesir, Libya dan Yaman. Ideologi kekerasan dan jihad yang awalnya ditentang oleh sebagian besar gerakan revolusioner akhirnya melanda seluruh Afrika Utara dan Timur Tengah. Namun al Qaeda adalah sebuah organisasi adaptif dan telah mengeksploitasi kekacauan dan gejolak perubahan revolusioner untuk menciptakan basis operasi dan benteng baru.

Di Afrika Utara, Al-Qaeda di Maroko (AQIM) - awalnya sebuah waralaba Aljazair dari organisasi teror global - telah berhasil menyejajarkan diri dengan kelompok ekstremis lokal di Mali bernama Ansar Dine, atau Pembela agama, dan bersama-sama secara efektif menguasai bagian utara dua-pertiga dari Mali. Ketika mereka mencoba untuk menyerang ibukota, Bamako, Prancis akhirnya turun tangan dengan jet tempur dan tentaranya.

AQIM juga bekerja di Libya, terutama di sekitar Benghazi. Sebuah faksi Al-Qaeda yang dipimpin oleh Mokhtar Belmokhtar menggelar serangan Aljazair dari Libya. Belmokhtar adalah generasi pertama al-Qaeda yang selamat. Ia memulai karirnya di Afghanistan dengan pemikir jihadis legendaris, Abdullah Azzam di akhir 1980-an. Dia adalah seorang pengagum diakui pendiri Yordania al-Qaeda di Irak, Abu Musab al Zarqawi, yang membawa Irak ke tepi perang saudara tahun 2006.

Di Mesir, lain generasi ketiga al-Qaeda berbasis di padang pasir Semenanjung Sinai. Mereka menjadi tekanan yang panjang di Mesir, setelah revolusi yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak, yang berkerja sama dengan suku Badui di Sinai untuk memulai serangan pada instalasi keamanan dan pipa gas Mesir-Israel. Para pelaku jihad di Sinai telah berjanji setia kepada Zawahiri dan Zawahiri sendiri telah berulang kali mendukung serangan mereka terhadap sasaran Israel.

Di Yaman, Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) mengeksploitasi jatuhnya diktator Ali Abdullah Saleh untuk mengambil alih bagian terpencil di selatan dan timur negara itu. Pemerintah Yaman kehilangan kendali atas beberapa kota. Serangan pasukan pemerintah pada musim panas lalu dibalas dengan serangan mematikan terhadap sasaran-sasaran keamanan di Sanaa, Aden dan kota-kota besar lainnya. 

Jaringan Al-Qaeda Irak adalah yang tertangguh. Peningkatan serangan pada tahun 2007 yang seharusnya menghancurkan jaringan al-Qaeda Irak, tidak membuahkan hasil. Meskipun tekanan besar dan vonis hukuman pancung berulang kali diberikan kepada pemimpin senior mereka, kelompok ini tetap bertahan dan pulih. Karena mendapat dukungan dari minoritas Sunni yang merasa ditindas oleh pemerintah yang didominasi Syiah. Al-Qaeda di Irak dibangun di beberapa daerah Sunni dan pemimpinnya, Abu Bakr al Baghdadi, telah menjanjikan lebih banyak serangan di Irak dan Amerika Serikat.

Generasi ketiga Al-Qaeda berhasil memanfaatkan perubahan revolusioner di dunia Arab yang dating, meskipun tidak mendapat dukungan rakyat luas. Gerakan esktrim Al-Qaeda 3,0 hanya mendapat dukungan minoritas kecil, tetapi terorisme bukanlah kontes popularitas. Al-Qaeda saat ini mempunyai tingkat operasi yang lebih kuat di dunia Arab dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Kembali ke Pakistan, kepemimpinan al-Qaeda senior, yang disebut dengan Al Qaeda Um al atau "ibu al-Qaeda"  kini dibangun kembali. Sejak Presiden Barack Obama dilantik pada tahun 2009, telah ada hampir 300 serangan mematikan pesawat tak berawak ke Pakistan diterbangkan dari pangkalan di Afghanistan, yang sebagian besar menargetkan al-Qaeda.  Seiring dengan serangan di Abbottabad yang menewaskan bin Laden pada tahun 2011, serangan itu membuat al-Qaeda hanya bisa bertahan. Tetapi, mereka tidak pernah mati. Mereka tidak sendirian,  sekutu Al-Qaeda di Pakistan, seperti Lashkar-e Tayyiba - kelompok yang menyerang Mumbai pada tahun 2008 - dan Taliban Afghanistan dan Pakistan, yang berada di bawah sedikit tekanan atau tidak sama sekali, membantu Al-Qaeda untuk segera pulih. Zawahiri selalu mengeluarkan pernyataan teratur memerintahkan umat ‘beriman’ untuk pergi ke Suriah atau Mali untuk melawan. Perintahnya dipatuhi karena tidak ada penantang kekuasaannya.

AQ 3,0 adalah musuh kompleks dan mempunyai otonomi di daerah yang dikuasainya. Menghadapi dan memberantasnya perlu strategi yang sesuai. Tidak ada satu jawaban untuk setiap tantangan. Tidak ada "kekalahan strategis" Al-Qaeda yang terlihat.

Sumber: http://www.al-monitor.com

Related

Lintas Berita 5520540529656698728

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item