Mbah Sahal Dan Pondok Pesantren Assunniyyah

Hari Jumat, 24 Januari 2014, KH. Sahal Mahfudz wafat, pada jam 01.05 WIB, di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Sekali lagi umat Islam kehilanga...

Hari Jumat, 24 Januari 2014, KH. Sahal Mahfudz wafat, pada jam 01.05 WIB, di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Sekali lagi umat Islam kehilangan ulama, yang menjadi pertanda dicabutnya ilmu oleh Allah SWT. Beliau yang bernama lengkap KH. Muhammad Ahmad Sahal Mahfuz yang lahir di Kajen, Pati, Jawa Tengah, 17 Desember 1937, adalah Rais Am Suriah PBNU dan Ketua MUI hingga dipanggil oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Jenazah al-Maghfurlah dikebumikan di kompleks makam Syeikh Ahmad Mutamakin, diiringi puluhan ribu pelayat. 

Mbah Sahal, begitu beliau akrab dipanggil merupakan sosok yang sederhana dan bersahaja namun mempunyai intelektualitas keilmuan yang tinggi. PP. Maslakul Huda, pondok yang diasuh beliau yang selalu menjadi rujukan ilmiah, kedudukannya beliau di MUI dan PBNU, karya-karya beliau dalam berbagai fan terutama dalam fiqh, diangkatnya beliau sebagai nara sumber dalam berbagai seminar baik tingkat nasional maupun internasional serta penganugerahan Doctor Honoris Causa oleh beberapa perguruan tinggi ternama merupakan bukti luasnya ilmu beliau.

Kyai yang selalu bersarung ini memulai pendidikannya saat kecil di madrasah ibtidaiyah dan tsanawiyah diniyah di Perguruan Islam Mathaliul Falah, Kajen, Pati. Kemudian dilanjutkan ke Pesantren Bendo, Pare, Kediri, Jawa Timur yang saat itu diasuh oleh Kyai Muhajir. Tahun 1957 hingga 1960 beliau nyantri di Sarang, dibawah bimbingan Kyai Zubair, ayahanda KH. Maimun Zubair. Pertengan tahun 1960 beliau melanjutkan ke Mekah dibawah bimbingan langsung Syaikh Yasin Al-Fadani. Untuk pendidikan umum, hanya beliau peroleh dari kursus yang beliau ikuti di Kajen.

Mbah Sahal yang pemikiran beliau dalam usul dan kaidah fiqhiyah pernah menjadi sorotan kalangan pesantren salaf, adalah putra dari Kyai Mahfudz bin Abdussalam al-Hafidz dan Ny. Hj. Badiah. Saudara beliau berjumlah lima orang, yaitu M. Hasyim, Hj. Muzayyanah (istri KH. Mansyur Pengasuh PP An-Nur Lasem), Salamah (istri KH. Mawardi, pengasuh PP Bugel-Jepara, kakak istri KH. Abdullah Salam), Hj. Fadhilah (istri KH. Rodhi Sholeh Jakarta), dan Ny. Hj. Khodijah. Nama terakhir adalah isteri KH. Ahmad Maddah Zawawi (adik kandung KH. Jauhari Zawawi yang juga cucu KH. Nawawi dari jalur ibu, adik kandung KH. Abdussalam kakek Mbah Sahal), yang hingga saat ini masih menjaga Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember. 

Ny. Hj. Khodijah adalah menjadi perintis berdirinya Pesantren Putri di PP. Assunniyyah ketika masih diasuh oleh al-Maghfurlah KH. Jauhari Zawawi. Beliau wafat pada tahun, meninggalkan putra semata wayang, KH. Khoir Zad Maddah yang kini menjadi Rais Syuriah PCNU Kencong. 

Hubungan kekerabatan PP. Assunniyyah dengan Mbah Sahal, dipererat lagi dengan disuntingnya Ny. Hj. Ulin Ni'mah (santri dan juga kerabat Mbah Sahal) oleh Gus Ya', panggilan akrab KH. Khoir Zad.

رحلت يا شيخنا الحاجيني عن بيننا * والكل يحزن من ذهاب عالمنا
إن البقاع تعمها سيول المدام* والعين تغرق في دموعها حزنا
مهما يكن من موافق و معترض *  إن تأليفكم من أحلی ما دونا
نشكركم شيخنا علی الجهود وما * ألفته في الفنون ذاك ينفعنا
فالله يجزيك عنا بكرامته * ويجمع الكل بالنبي شافعنا

Syair Oleh: Gus Zuhair (Putra KH. A. Sadid Jauhari)


Related

Seputar As-Sunniyyah 5260585796095143633

Posting Komentar

  1. Salam dari Jakarta buat buat Ayahandamu Gus Sadid dan Gus yak

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item