Masya Allah, Al Qur’an dan Terjemah Terbitan Depag RI Juga Tak Luput Tangan Jahil Salafi Wahabi

Perhatikan dengan baik foto Al-Qur’an di atas!. Anda  mungkin sering melihat mushaf Al-Qur’an dengan gambar cover seperti itu atau bah...


Perhatikan dengan baik foto Al-Qur’an di atas!. Anda  mungkin sering melihat mushaf Al-Qur’an dengan gambar cover seperti itu atau bahkan anda memilikinya di Rumah. Mushaf Al-Qur’an dengan judul tulisan AL QUR’AN DAN TERJEMAHNYA seperti gambar itu dikemas dengan bagus dan indah, tulisannya pun mudah dibaca, dan dilengkapi dengan terjemah serta tafsir Qur’an dalam Bahasa Indonesia. Dan yang paling menggiurkan adalah mushaf itu diberikan dan dibagi-bagikan gratis oleh Kerajaan Arab Saudi kepada umat Islam khususnya di Indonesia, Singapura, dan Malaysia, yang memahami Bahasa Melayu.

Namun, dibalik kemasannya yang menarik dan gratis, ternyata kitab Al Qur’an Terjemahnya terbitan Arab Saudi yang menganut paham Salafi Wahabi itu menyimpan racun yang dapat merusak aqidah umat Islam yang menganut paham Ahlussunnah wal Jama’ah. Mungkin ada yang bertanya kenapa bisa begitu?

Pada postingan sebelumnya telah dijabarkan dengan jelas tentang bahaya kitab Al-Qur’an dan Terjemahnya tersebut. Silahkan simak kembali paparannya dalam tulisan yang berjudul “Hati-Hati Dengan Mushaf Al-Qur’an Terjemah Terbitan Kerajaan Arab Saudi“.

Yang mempunya mushaf kitab seperti pada gambar itu, silahkan buka Surat al-Baqarah ayat 255 atau dikenal dengan sebutan Ayat Kursi, lalu perhatikan bagian Footnote (catatan kaki) di bagian bawah halaman. Pada bagian footnote dalam mushaf Al Qur’an dan Terjemahnya yang diterbitkan Arab Saudi tertulis:

“Kursi dalam ayat ini oleh sebagian mufassir mengartikan Ilmu Allah, ada juga yang mengartikan kekuasaanNya. Pendapat yang shahih terhadap makna “Kursi” adalah tempat letak telapak Kaki-Nya.”

Perhatikan tulisan yang berbunyi “Pendapat yang shahih terhadap makna ‘Kursi’ adalah tempat letak telapak Kaki-Nya”. Lafadz “Kursi” dalam ayat itu diartikan sebagai “Tempat telapak kaki Allah SWT”. Ini jelas tafsiran yang membahayakan dan sangat berbahaya bagi aqidah ahlussunnah wal jama’ah. Itu adalah tafsiran kelompok yang mempunyai aqidah mujassimah atau aqidah tasybih atau aqidah yang menyerupakan Allah SWT dengan makhluk atau aqidah yang meletakan sifat Allah mempunyai anggota tubuh (jisim). Maha Suci Allah dari segala apa yang mereka sifatkan atas penyifatan makhluk kepada DzatNya.

Sebagai umat Islam yang berada di jalan yang lurus beraqidah Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) tidak mungkin menyifatkan Allah SWT menyerupai makhlukNya.

Firman Allah SWT:

“Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat“. (Qur’an Surat Asy-Syura: 11).

Allah SWT itu ada dan tidak serupa dengan makhluk ciptaanNya. Tiada suatu apapun yang serupa dan sebanding dengan Allah SWT. Sedangkan “Telapak kaki” itu merupakan makhluk ciptaan Allah SWT seperti halnya pada manusia dan hewan. Mustahil sama sekali dan sungguh tidak mungkin bagi kita yang beraqidah Ahlussunnah wal Jama’ah menyatakan bahwa Allah SWT mempunyai “Telapak kaki” yang berarti Allah SWT serupa dengan makhluk ciptaanNya, atau ada pula yang menyatakan sebagai “Tempat letak telapak kakiNya” yang berarti Allah berada di suatu tempat/ membutuhkan tempat padahal Allah itu ada tanpa tempat dan tidak membutuhkan tempat apalagi bergantung dengan tempat karena Allah SWT itulah yang menciptakan tempat dan tempat itu sendiri merupakan makhluk/ ciptaan Allah SWT. Jadi, mana mungkin Allah membutuhkan/ bergantung pada makhluk/ ciptaanNya sendiri?

Al-’Allamah al-Muhaddits Prof. Dr. Sayyid Muhammad ibn ‘Alawi al-Maliki al-Hasani dalam kitabnya berjudul “Qul Haazihi Sabiili”, yang telah diterjemahkan oleh Syeikh Muhammad Fuad Kamaluddin al-Maliki dengan judul “Inilah Jalanku” menyatakan:

“Sesungguhnya Allah SWT suci dari dilingkupi oleh waktu dan tempat. Maka Dia tidak disertai oleh suatu waktu dan tidak ditempati oleh suatu tempat, karena Dia adalah Tuhan yang menciptakan waktu dan tempat. Bagaimana pula Dia membutuhkan kepada keduanya?“.

Perubahan/ Penambahan Redaksi Tafsir Al Qur’an Terbitan Arab Saudi (Salafi Wahabi)

Kitab Al Qur’an dan Terjemahnya yang diterbitkan oleh Kerajaan Arab Saudi penganut paham Salafi Wahabi sebenarnya adalah kitab Al Qur’an yang menggunakan redaksi terjemah dan tafsir dari Dewan Penterjemah yang ditunjuk oleh Departemen Agama RI, yang beranggotakan:


  1. Prof. T.M. Hasbi Ashshiddiqi
  2. Prof. H. Bustami A. Gani
  3. Prof. H. Muchtar Jahja
  4. Prof. H.M. Toha Jahja Omar
  5. Dr. H.A. Mukti Ali
  6. Drs. Kamal Muchtar
  7. H. Ghozali Thaib
  8. K.H.A. Musaddad
  9. K.H. Ali Maksum
  10. Drs. Busjairi Madjdi

Terjemahan dan tafsir mushaf Al Qur’an terbitan Arab Saudi memang benar-benar bersumber dari Depag RI dan di dalamnya juga menyebut terjemahan dan tafsirannya atas nama Dewan Penterjemah Depag RI. Akan tetapi, setelah ditelusuri ternyata kitab Al Qur’an dan Terjemah yang disebarluaskan oleh Arab Saudi itu telah mengalami perubahan/ penambahan/ distorsi yang yang menyimpang dan tidak sesuai lagi dengan terjemah dan tafsir dari Dewan Penterjemah Depag RI. Hal ini terungkap setelah kitab Al Qur’an dan Terjemahnya tersebut dicek ulang dan dibandingkan dengan kitab Al Qur’an dan Terjemahnya dari penerbit lain. Aksi perubahan/ penambahan/distorsi kitab tafsir Al Qur’an yang mengatasnamakan Dewan Penterjemah Depag RI bisa jadi bukti nyata bagaimana kelompok Salafi Wahabi Arab Saudi menghalalkan segala cara demi menyebarkan pahamnya. Na’udzubillah.

Dusta dan kebohongan kitab Al Qur’an dan Terjemahnya terbitan dan cetakan Arab Saudi terbongkar setelah kitab Al Qur’an itu dibandingkan dengan kitab Al Qur’an dan Terjemahnya terbitan dan cetakan JAMUNU Jajasan Penjelenggara Penterjemah/ Pentafsir Al Qur’an cetakan 1967 Departemen Agama RI.

Di dalam Al Qur’an dan Terjemahnya terbitan Arab Saudi dan JAMUNU, keduanya sama-sama menyebut berasal dari Dewan Penterjemah Depag RI. Meski sama-sama berasal dari sumber yang sama yaitu Dewan Penterjemah Depag RI akan tetapi ditemukan ada perbedaan dalam terjemah tafsirannya.

Salah satunya adalah tentang tafsir Ayat Kursi (Qur’an Surat Al Baqarah ayat 255). Di dalam Al Qur’an dan Terjemahnya terbitan Arab Saudi (yang telah mengalami perubahan dari versi aslinya) tertulis:

“Kursi dalam ayat ini oleh sebagian mufassir mengartikan Ilmu Allah, ada juga yang mengartikan kekuasaanNya. Pendapat yang shahih terhadap makna “Kursi” adalah tempat letak telapak Kaki-Nya.”.

Sedangkan dalam Al Qur’an dan Terjemahnya cetakan JAMUNU (versi asli Depag RI) tertulis:

“Kursi dalam ayat ini oleh sebagian mufassir mengartikan Ilmu Allah, ada juga yang mengartikan kekuasaanNya.”.

Dan lihatlah versi Depag RI yang asli sama sekali tanpa ada teks tambahan “Pendapat yang shahih terhadap makna “Kursi” adalah tempat letak telapak Kaki-Nya.” seperti yang dicantumkan dalam kitab Al Qur’an dan Terjemahnya terbitan Arab Saudi. Lalu, darimana tambahan tulisan tersebut berasal? Apakah benar Depag RI menuliskan tambahan yang demikian? Dan mungkin bisa jadi ada perubahan/ penambahana lainnya yang menyeleweng dari sumber aslinya. Silahkan lihat gambar yang ada di bawah ini, lihat bagian footnote (catatan kaki yang terletak bagian bawah):

Kitab Al Qur’an dan Terjemahnya terbitan Arab Saudi (sudah ada perubahan/ penambahan/ distorsi)


Kitab Al Qur’an dan Terjemahnya terbitan JAMUNU (versi asli dari Depag RI)



Ini jelas telah terjadi penambahan/ perubahan redaksi tafsiran yang mengatasnamakan Dewan Penterjemah dan Tafsir Al Quràn Departemen Agama Republik Indonesia. Dan yang membahayakan adalah bahwa penambahan pentafsiran Al Quràn yang dilakukan Arab Saudi (Salafi Wahabi) ini menjurus pada aqidah Mujassimah/ Tasybih yang menyimpang dari aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah sebagaimana telah dijelaskan di atas. Apalagi tambahan tersebut dibumbui dengan klaim sepihak “Pendapat yang shahih”. Pendapat shahih siapa dan darimana?. Tentu saja itu pendapat shahih dari Salafi Wahabi bukan dari ulama Ahlussunnah wal Jama’ah. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, musibah, sungguh ini musibah. Mahasuci Allah dari pensifatan makhluk kepada DzatNya.

Lalu apa yang bisa dilakukan setelah mengetahui adanya perubahan/ penambahan/ distorsi sepihak atas temuan Al Qur’an dan Terjemahnya terbitan Arab Saudi ini? Pemerintah Republik Indonesia semestinya menindak tegas pihak terkait jika terbukti benar telah melakukan perubahan/ penambahan terhadap Terjemah dan Tafsir Depag RI. Apalagi ini menyangkut aqidah ahlussunnah wal jama’ah yang dianut umat Islam yang tidak bisa diganggu gugat yang tidak boleh ada perbedaan. Semoga Allah SWT menyelamatkan umat Islam dari fitnah Salafi Wahabi khsusnya muslimin Nusantara. Amin.

Sumber: http://www.elhooda.ne

Related

Wahabi Salafi 3899963963343512799

Posting Komentar

  1. Tulisan Arab Masya Allah Mungkin demikian saja pembahasan singkat Kita kali ini mengenai Tulisan Arab Masya Allah, arti dan Gambar PNGnya. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan dapat menjadi berkah dan berbuah amal sholeh bagi Kalian dan bagi Kami juga. Jangan lupa! bagikan artikel ini ke teman atau sosial media Kalian. Mari buktikan bahwa Kita

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow Us

Facebook

TERBARU

Statistik Blog

item