Aplikasi Al-Quran Naskah Utsmani

Informasi ini mungkin sudah bisa dikatakan terlambat dan tentunya sudah diposting mungkin sudah ribuah kali oleh para netter di dunia. ...


Informasi ini mungkin sudah bisa dikatakan terlambat dan tentunya sudah diposting mungkin sudah ribuah kali oleh para netter di dunia. Dan saya sendiri sudah menggunakannya mulai sekitar dua tahun yang lalu. Tetapi tidak ada salahnya informasi ini saya posting kembali di blog ini. Langsung saja saya infokan dua aplikasi penulis naskah al-Quran Rasm Utsmani di Microsoft Office Word.

1. Al-Quran Word
Aplikasi ini adalah Add-Ins untuk Word 2007 dan 2010. Add-Ins ini dapat menampilkan ayat al-Quran khath Rasm ‘Utsmani berdasarkan surat dan ayat yang kita inginkan. Disamping itu add-ins ini juga dapat memberikan terjemah dalam berbagai bahasa diantaranya adalah Bahasa Indonesia, sesuai terjemah al-Quran yang dikeluarkan Kementerian Agama RI. Cuma sayangnya hasil teks al-Quran yang ditampilkan berupa Unicode font.

Aplikasi Al-Quran Word dapat anda download di sini

2. Mushaf Madinah Nabawiyah
Aplikasi ini adalah aplikasi al-Quran dengan khath utsmani, yang sama persis dengan al-Quran cetakan Madinah Al-Munawarah. Dengan menu-menu yang komplit, anda dapat melakukan pencarian ayat-ayat al-Quran dengan mengetikkan kata kunci pada kolom yang tersedia. Dalam hitungan detik list hasil pencarian akan muncul. Anda tinggal klik pada hasil yang diinginkan, dan ayat al-Quran yang anda cari akan segera muncul di layar. Ayat al-Quran ini selanjutnya dapat dicopy ke Word atau clipboard. Sama seperti Al-Quran Word, hasil teks al-Quran yang ditampilkan berupa Unicode font.

Download Aplikasinya di sini

3. Naskah al-Quran lengkap
Naskah ini sudah berformat word, lengkap 30 juz. Pada naskah ini pencarian ayat terasa sulit, Anda harus mencari ayat yang dikehendaki secara manual, lebih-lebih fitur find text pada word, terkadang tidak mampu menemukan kata kunci yang dimasukkan. Namun, kelebihannya adalah naskah ini bukan sepenuhnya Unicode font. Sehingga dapat diedit dan lebih leluasa untuk disesuai dengan dengan layout yang dikehendaki. Untuk membuka file word yang berisi naskah al-Quran ini anda wajib menginstall font khat utsmani yang telah saya sediakan di bawah ini, agar teks yang dihasilkna sesuai dengan keinginan.

File word al-Quran rasm utsmani dapat Anda download di sini, untuk fontnya dapat di download di sini

Related

Software 771136982707386016

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item